PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN KABUPATEN/KOTA
LATAR BELAKANG
* Otonomi daerah yang memberikan kemandirian dan flesibilitas kepada Pemerintah Kabupaten/Kota menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, khususnya dalam peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan.
* Pilar Pendidikan Nasional, yaitu : Pemerataan dan peningkatan aksesibilitas pendidikan, Peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing, serta Peningkatan tata kelola dan pencitraan publik, telah mendorong kesadaran seluruh komponen masyarakat bersinergi dalam mensukseskannya.
* Tuntutan dan perkembangan dalam dunia pendidikan senantiasa perlu diantisipasi, agar pembaharuan dapat dilakukan secara berkelanjutan (continuous improvement).
* Pencapaian tujuan pendidikan nasional yang hanya dapat dilakukan melalui hadirnya lembaga pendidikan yang bermutu serta tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional.
* P4TK TK dan PLB, sebagai UPT Ditjen PMPTK memiliki tugas dan fungsi, serta kapabilitas dalam peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan di tanah air.
TUJUAN
1. Terkembangkannya model komprehensif peningkatan mutu pendidik dan kependidikan di daerah dalam skala nasional.
2. Terjalinnya kemitraan antara P4TK TK dan PLB dengan Dinas Pendidikan, Provinsi, Kabupaten/kota, serta unsur dan instansi lainnya dalam peningkatan mutu pendidik dab tenaga kependidikan.
MANFAAT
1. Tumbuh kesadaran (awarness) berkenaan dengan pentingnya peningkatan mutu pendidikan dari stakeholders yang ada di lingkungannya masing-masing.
2. Meningkatnya mutu pendidik dan tenaga kependidikan di kabupaten/kota dan mitra kerja lainnya.
3. Meningkatnya wawasan, pengetahuan, dan keterampilan warga P4TK TK dan PLB Bandung.
SASARAN
Sasaran Program kemitraan, secara khusus ditujukan pada institusi pendidikan, dengan tidak menutup institusi lain sepanjang relevan dengan peningkatan mutu SDM.
sasaran yang dimaksud diantaranya :
1. Dinas Pendidikan Provinsi
2. Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
3. MGMP/MGP/IGTK/IGRA/HIMAPUDI/IGPLB
4. Organisasi Profesi Bidang Pendidikan
5. Badan Kepegawaian Daerah
6. Satuan Pendidikan
7. Instansi lainnya
JENIS PROGRAM
Sesuai dengan sasarannya, maka program kemitraan diarahkan pada aspek manajerial dan teknis edukatif.
A. Program yang di fokuskan pada aspek manajerial, diantaranya :
1. Pengembangan sistem rekruitmen calon kepala sekolah.
2. Pelaksanaan rekruitmen calon kepala sekolah.
3. Diklat calon kepala sekolah
4. Diklat keterampilan manajerial sekolah, bagi kepala sekolah di semua jenjang pendidikan.
5. Workshop penyusunan RPS dan Renops.
6. Workshop penyusunan LAKIP.
7. Program Pendampingan Peningkatan Kinerja Sekolah.
8. Dasar-dasar manajemen Persekolahan bagi Pengurus Komite Sekolah.
B. Program yang difokuskan pada aspek teknis edukatif, diantaranya :
1. Diklat pengembangan Kompetensi Guru TK/RA/PAUD
2. Diklat Pengembangan Kompetensi Guru SLB, dengan ruang lingkup Diklat seperti TK/RA/PAUD.
3. Diklat Penulisan Karya Tulis Ilmiah, baik melalui tatp muka maupun dalam format e-learning.
4. Advokasi Ujian Nasional
Diklat Pengembangan Tenaga Kependidikan, seperti : Diklat teknisi Pengawas Sekolah, Pustakawan, dan laboran.
JENIS PROGRAM DIKLAT BIDANG TK/RA/PAUD
1. Diklat Pengembangan Kurikulum TK
2. Diklat Permainan sain di TK
3. Diklat Metodologi Pembelajaran di TK
4. Diklat pengelolaan kelas di TK
5. Diklat kerterampilan dasar menggambar di TK
6. Diklat PTK bagi guru, kepala dan pengawas TK
7. Diklat Keterampilan dasar Pengembangan Fisik/Motorik di TK
8. Diklat Dasar-dasar kepemimpinan Kepala TK
9. Diklat Revitalisasi kepribadian di TK
10. Diklat Dasar-dasar Kependidikan bagi Pengurus Komite Sekolah
11. Diklat Layanan Konseling di TK
12. Diklat Pengembangan Media Pembelajaran di TK
13. Diklat Permainan Calistung di TK
14. Diklat Penilaian Pembelajaran di TK
15. Diklat Permainan Tradisional di TK
16. Diklat Model-model Pembelajaran di TK
17. Diklat Pendidikan Nilai di TK
18. Diklat Pengembangan Keterampilan Seni Musik di TK
19. Diklat Pengembangan Keterampilan Seni Rupa
20. Diklat Keterampilan Dasar Bercerita di TK
JENIS PROGRAM DIKLAT BIDANG PLB
1. Diklat implementasi pembelajaran PAKEM di PLB
2. Diklat PTK bagi guru PLB
3. Diklat Bahasa Indonesia bagi guru PLB
4. Diklat Penjas adaptif
5. Diklat penyusunan KTSP bagi guru SDLB
6. Diklat layanan BK bagi ABK
7. Diklat Evaluasi dan sistem pelaporan hasil belajar ABK
8. Diklat pembelajaran Sain bagi guru PLB
9. Diklat life skill
10. Diklat layanan pembelajaran ABK di sekolah inklusi
11. Diklat pemberdayaan MGMP di SLB
12. Diklat manajemen peningkatan mutu SLB
13. Diklat media pembelajaran di SLB
14. Diklat pembelajaran individual di SLB
15. Diklat bidang studi (Matematika/IPS/IPA/Bahasa) bagi guru SLB
MODEL PENINGKATAN MUTU
In House Training, kegiatan peningkatan mutu pendidik dan tenaga pendidikan yang dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh personil pada instansi atau satuan pendidikan.
Pendidikan dan Pelatihan, yang diikuti oleh peserta dengan karakteristik yang homogen (memiliki kesamaan baik kompetensi, tempat tugas, jenis mata pelajaran, atau jabatan) maupun peserta heterogen.
Workshop, kegiatan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan dengan nuansa aktifitas tinggi yang berorientasi pada produk tertentu.
Pendampingan, kegiatan peningkatan mutu kinerja satuan pendidikan yang dilakukan memalui pendampingan oleh satu atau beberapa tenaga P4TK TK dan PLB di satuan pendidikan atau mitrakerjasama.
Salam Sukses untuk Bapak/Ibu. Mohon Share Link dan URL nya di dunia maya. Terima kasih
BalasHapus